Thursday, August 9, 2018

Sejarah Perkembangan Internet Dan Intranet di Indonesia dan Dunia

INDOZA - Mengenal Sejarah perkembangan internet dan intranet menjadi bagian terpenting dalam perkembangan teknologi dan informasi di dunia. Pada jaman yang serba modern seperti sekarang ini kebutuhan akan informasi yang akurat adalah kebutuhan semua orang, Melalui internet dan intranet kita dapat mengakses semua informasi yang kita butuhkan secara lengkap dan praktis. Mulai dari berita, tutorial serta trik dan tips yang bermanfaat semua telah tersedia di internet dan intranet.  Namun di balik perkembangan internet seperti sekarang ini apakah anda tau tentang Sejarah lahirnya internet dan intranet ?? Nah pada kesempatan ini saya akan membahas hal tersebut dan simaklah ulasan berikut ini.

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET
Pengertian internet (Interconnected-networking) adalah hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya. Dan berikut adalah sejarah perkembangan internet dari tahun ke tahun :
Sejarah Internet Dan Intranet secara umum
  • Internet pertama kali diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. Tujuan di ciptakan internet pada waktu itu adalh untuk kebutuhan militer sebagai sarana penghubung komputer satu didaerah dengan komputer daerah lainnya agar dapat bertukar informasi dengan cepat.
  • Sejarah Internet berikutya pada tahun pada bulan Oktober 1972 Apranet sebagai pemegang proyek yang manangani pembuatan internet akhirnya memperkenalkan internet untuk kepentingan pendidikan yang ditujukan untuk non-militer dan menyatukan beberapa universitas negara Amerika sehingga membentuk suatu jaringan terpadu dan secara umum antara lain adalah universitas Stanford Research Institute, University of California, Los Angeles, University of California, Santa Barbara, dan University of Utah.
  • Pada Tahun 1971 - Anggota jaringan ARPANET bertambah menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas yang menjadikan sebuah sejarah internet dimana Apranet dapat membagi dua proyek antara internet militer dan non milter.
  • Di tahun 1972 - Network Working Group (INWG) di buat untuk meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar untuk jaringan komputer, dan di antaranya adalah Internet. Pembicara pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang kemudian disebut sebagai "Bapak Internet".
  • Di Tahun 1972 sampai 1974 - Beberapa layanan basis data komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
  • Tahun 1973 - ARPANET ke luar Amerika Serikat dapat menjadi sebuah sejarah internet yang sangat penting dimana pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa universitas di luar Amerika Serikat yakni University College of London dari Inggris dan Royal Radar Establishment di Norwegia.
  • Tahun 1974 - Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi detail protokol Transmission Control Protocol (TCP) dalam artikel "A Protocol for Packet Network Interconnection".
  • Pada Tahun 1974 - Bolt, Beranet & Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data publik pertama.
  • Tahun 1977 - Sudah ada 111 buah komputer yang telah terhubung ke ARPANET.
  • Tahun 1978 - Protokol TCP dipecah menjadi dua bagian, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol (TCP/IP).
  • Tahun 1979 - Grup diskusi Usenet pertama dibuat oleh Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke University dan University of North Carolina Amerika Serikat. Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
  • Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie.
  • Awal Tahun 1980-an - Komputer pribadi (PC) mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia. Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It's Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET.
  • Tahun 1982 - Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai di kembangkan lagi sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut.
  • Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.
  • Tahun 1986 - Diperkenalkan sistem nama domain, yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
  • Tahun 1988 - Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. 
  • Tahun 1990 - Tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.
  • Tahun 1992 - komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.
  • Tahun 1994 - Situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.

SEJARAH PERKEMBANGAN INTRANET
Pengertian intranet adalah istilah untuk koleksi jaringan komputer pribadi dalam sebuah organisasi. Sebuah intranet menggunakan teknologi jaringan sebagai alat untuk memfasilitasi komunikasi antara orang atau kelompok kerja untuk meningkatkan kemampuan berbagi data dan keseluruhan basis pengetahuan karyawan organisasi
Ide dari intranet pertama kali dibahas dalam artikel membahas keunggulan “sedikit Internets” untuk usaha di 1995 isu “Digital Berita dan Review.” Intranet menggunakan telah diperluas eksponensial sejak pertengahan kemudian dengan banyak perusahaan besar untuk mengambil keuntungan dari mereka. Walaupun awal intranet hanya terdiri dari beberapa ratus lusin atau halaman web, sebuah studi yang dirilis oleh Nielson Norman Group pada 2007 menunjukkan bahwa rata-rata Intranet saat ini terdiri dari 6 juta atau lebih halaman web.

Artikel Lainya : Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama Sampai Sekarang

    Demikian ulasan singkat sya mengenai Sejarah internet dan intranet secara umum, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner