Thursday, May 1, 2014

Pengertian WWW, Http dan URL di Internet

INDOZA - Mengenal pengertian atau definisi  WWW, http dan URL dalam dunia komputer dan internet. Membahas dan mempelajari tentang dunia internet dan komputer memang tak akan pernah ada habisnya, namun di era modern seperti saat ini kita memang dituntut untuk terus belajar dan belajar agar nantinya kita tidak Gaptek dan ketinggalan jaman. Kalau kita gaptek bukan tidak mungkin kalau kita menjadi sasaran yang empuk dan akan dimanfaatkan banyak orang.
Bagi yang sudah sering berselancar di internet pasti tidak asing lagi dengan istilah-istilah www, url ataupun http namun buat anda yang belum memahami istilah istilah tersebut pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi kepada anda mengenai pengertian-pengertian dan definisi dari WWW, Http dan Url dalam dunia internet dan jika anda sedang mencari informasi ini silakan baca ulasan berikut ini :

Pengertian WWW, Http dan URL di Internet
  • Pengertian dan fungsi WWW
WWW merupakan kepanjangan dari (World Wide Web) yang dapat diartikan sebagai suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian dari pada Internet. Dengan kata lain www juga bisa diartikan sebagai nama yang diberikan untuk semua bagian Internet yang dapat diakses dengan software web browser. Dengan adanya WWW, kita bisa menerima berbagai macam informasi dalam berbagai format. WWW sering disebut juga sebagai protokol pada sebuah URL (Uniform Resource Locator). Fungsi WWW sendiri sebenarnya adalah menyediakan data serta informasi yang dibutuhkan untuk dapat dipergunakan bersama.
WWW pertama kali dikembangkan di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Sekitar tahun 1989 Berners-lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan Oktober 1990, ‘World Wide Web‘ sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991 dan WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
  • Pengertian dan fungsi HTTP
HTTP merupakan kepanjangan dari (HyperText Transfer Protocol) yang dapat di definisikan sebagai sebuah protokol untuk melakukan akses internet antara client dan server. Client dan server masing-masing salaing menerima dan menjawab request keduanya. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80 atau 8080). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu. Jadi kesimpulan pengertian Http adalah protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu antara jaringan komputer browser atau client dengan komputer server. Dalam komunikasi ini, client atau browser melakukan permintaan dengan mengetikkan alamat web yang diinginkan. Sedangkan server mengolah permintaan itu berdasarkan kode protocol yang dimasukkannya.
  • Pengertian dan fungsi URL
URL merupakan kepamjangan dari Uniform Resource Locator yang dapat di artikan sebagai sebuah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. jadi kesimpulan dari pengertian url adalah suatu alamat yang dipakai untuk menentukan lokasi informasi pada Web server, karena alamat ini mengambil informasi yang diminta oleh browser. Format umum dari suatu URL adalah: protokol_transfer :/ / nama_host / path / nama_file.
URL pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada sekitar tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Waring Wera Wanua atau World Wide Web dan Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan lagi menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.

Artikel lainya  : Pengertian Modem, Fungsi dan Jenis-jenisnya
    Itu tadi penjelasan singkat saya mengenai pengertian www, http dan url di Internet terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner