Sunday, June 15, 2014

Fungsi Kabel Fiber Optik (optic)

INDOZA - Fungsi dan pengertian kabel fiber optik. Kabel fiber optic atau bisa disebut dengan serat optik merupakan salah satu Perangkat keras internet sejenis kabel yang berbahan dasar dari serat kaca yang mempunyai kecepatan tranfer data yang sangat tinggi, kabel fiber optic biasanya banyak di gunakan para penyedia layanan internet (ISP) untuk terhubung ke backbone NAP kepanjangan dari (Network Access Provider). Kurang lebih pengertian kabel fiber Optic seperti itu karena sebenarnya saya bukan ahlinya dalam dunia kabel dan ulasan seperti ini saya dapat dari blog tetangga. Terus cara kerja dan fungsi kabel fiber optik bagaimana sih..??
Fungsi kabel Fiber optik adalah mengarahkan gelombang cahaya dalam satu arah lewat proses terjadinya pembiasan cahaya. sebenarnya kabel fiber optic  akan mengirimkan gelombang cahaya dari satu titik fisik yang lain dengan menangkap cahaya dalam kabel dan memantulkannya kembali ke dalam setiap kali ia mencoba untuk melarikan diri. Hal ini membuat fiber optik  kabel seperti sebuah prisma dimana gelombang cahaya tidak akan dapat melarikan diri dan satu-satunya tempat untuk gelombang cahaya untuk pergi adalah pada ujung kabel fiber optik tersebut . Gimana sobat bingung apa masih bingung dengan fungsi kabel fiber optik..?? kalau masih bingung berarti sama seperti saya..wkwkwkw..
Untuk lebih jelas tentang cara kerja serat optik atau fiber optic anda bisa memperhatikan gambaran umum sistem transmisi fiber optik di bawah ini. :
Fungsi Kabel Fiber Optik (optic)

  Pada komunikasi fiber optik, sinyal yang biasanya di gunakan adalah bentuk digital, sedangkan penyaluran sinyal melalui serat optik adalah dalam bentuk pulsa cahaya. Pulsa cahaya akan di peroleh dari proses memodulasi sinyal informasi dalam bentuk digital kedalam suatu komponen sumber optik. Proses ini terjadi pada arah kirim lalu pada arah terima melalui detektor optik, pulsa cahaya diubah kembali dalam bentuk sinyal digital.

Adapu kelebihan atau keunggulan yang di miliki kabel Fiber Optik adalah sebagai berikut :

  1. Tidak bisa berkarat.
  2. Mempunyai ukuran yang kecil dan ringan, sehingga dapat hemat pemakaian ruang dan tentunya lebih efisien..
  3. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan mengirim informasi jarak jauh tanpa hambatan apapun.
  4. Biaya untuk pemasangan serta pengoperasian yang rendah dan juga tingkat keamanan yang lebih tinggi.
  5. Mempunyai kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan juga gangguan gelombang radio
  6. Tidak ada tenaga listrik ataupun percikan api sehingga dapat menghindari kebakaran.
Saran Artikel :
Itu tadi sedikit ulasan dari saya tentang pengertian dan fungsi kabel fiber optik, terimakasih telah berkunjung dan semoga artikel ini bermanfaat buat anda.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner